Powered By Blogger

Rabu, 07 Maret 2012

TUGAS PAK: Kesimpulan dan Opini Mengenai Sejarah Komputer


 KESIMPULAN:

Generasi pertama diawali dengan perang dunia kedua pada tahun 1941. Pada tahun ini dibuat computer Z3 untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Pada tahun 1943 Inggris menciptakan Colossus untuk memecahkan kode rahasia Jerman kemudian Howard H. Aiken memproduksi kalkulator yang memiliki ukuran sangat besar kemudian ENIAC dibuat oleh pemerintah AS dan University of Pennsylvania. Pada tahun 1945 EDVAC di desain oleh Von Neumann dengan penggunaan CPU kemudian dimodernisasi lagi oleh Remington Rand menjadi UNIVAC 1. Pada jaman generasi pertama ini semua unit berukuran sangat besar dan memiliki angka biner yang berbeda-beda dikarenakan unit – unit tersebut memiliki tugas dan fungsi yang berbeda.
Generasi kedua ditandai dengan ditemukannya transitor pada tahun 1948 yang menjadikan ukuran computer jauh lebih kecil daripada sebelumnya namun baru digunakan pada tahun 1956. Superkomputer diciptakan dengan kelebihan seperti lebih cepat, kecil, dan hemat energy. Kemudian dibuat beberapa computer yang digunakan untuk penelitian atom. Computer – computer ini menggunakan bahasa assembly. Pada tahun 1960 muncul computer yang sukses di bidang bisnis dan dapat diasosiasikan dengan printer, disket, memory, dll. Kemudian muncul bahasa pemrograman COBOL dan FORTRAN yang umum digunakan.
Generasi ketiga ditandai dengan ditemukannya batu kuarsa untuk menghilangkan masalah transitor yang bermasalah dengan panas yang dapat merusak bagian internal computer. Kemudian ditemukan chip sebagai komponen kecil penyimpan data.
Generasi keempat ditandai dengan terciptanya chip tunggal yang memuat ribuan bahkan jutaan komponen. Pada masa ini computer dapat dijual bebas ke masyarakat. Pada generasi ini computer berkembang menjadi minicomputer, PC, desktop computer, laptop hingga palmtop.
Generasi kelima ditandai dengan terciptanya kecerdasan buatan di dalam  computer, contohnya seperti penerjemah bahasa. Kemudian terjadi kemajuan rekayasa seperti pemrosesan parallel yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Generasi kelima disinyalir akan membawa perubahan baru paradigm komputerisasi dunia



OPINI:

            Menurut saya, perkembangan komputer di dunia dewasa ini sangat pesat. Dimulai dari pembuatan computer di generasi pertama dengan segala kekurangannya dan kelemahannya hingga generasi kelima dengan segala kecanggihan dan kelebihannya. Computer saat ini telah banyak dimanfaatkan oleh semua kalangan dari yang tua, muda, kaya hingga miskin. Meskipun tidak memiliki computer, masyarakat dapat menggunakan jasa warung internet untuk pengaplikasian computer. Namun seiring dengan berkembangnya zaman dan semakin canggihnya IT, maka bisa jadi harga pasaran computer di dunia bisnis teknologi mengalami penurunan. Yang kemudian berimbas kepada terjangkaunya harga – harga computer oleh semua golongan masyarakat tanpa terkecuali.
            Kemudian untuk para engineer telekomunikasi muda hendaknya selalu membuat penilitian dan gebrakan baru di dunia IT Indonesia. Jangan merasa kalah saing dengan Negara – Negara maju lainnya. Kita harus tunjukkan bahwa engineer muda Indonesia memiliki kompeten yang tidak kalah dengan engineer luar negeri.
Saya mengharapkan computer untuk masa yang akan datang lebih mudah digunakan dan efisien. Seperti body yang tipis dan ringan namun dengan RAM yang besar hingga mencapai 1 tera, computer yang tahan banting dan tahan terhadap air, memiliki kecanggihan 3D pada layarnya, computer yang tidak cepat panas, baterai laptop/tablet PC yang dapat digunakan berhari-hari walaupun tidak dicharge dan sensitifitas layar sentuh yang tinggi hingga memudahkan untuk pengguna mengaplikasikan keinginannya dengan cepat seperti mendesain, bermain games ataupun mengetik. Kemudian saya berharap agar teknologi – teknologi canggih ini hendaknya dimanfaatkan dengan sebenar – benarnya. Tidak untuk hal – hal bersifat criminal dan penyimpangan moral. Kemudian apabila memang nantinya akan terjadi penurunan harga computer, saya berharap produsen masih monomer satukan kualitas computer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar